Social Icons

Friday, July 12, 2013

Cara Memilih Cupang Aduan Yang Berkualitas

Buat pemula yang ingin membeli cupang, ada beberapa cara untuk memilih ikan cupang yang baik. Umumnya cupang adu yang baik bukan dilihat secara fisik, tapi dengan melakukan uji tarung melawan cupang adu lainnya yang sudah diketahui berkualitas. Namun tidak ada salahnya untuk mengetahui kriteria cupang adu yang baik secara fisik terlebih dahulu.
Ikan cupang adu yang baik secara fisik kriterianya sebagai berikut  :

- Kepala hingga pangkal ekor ketebalannya tidak jauh berbeda
Terlihat petarung digambar memiliki proporsi ketebalan tubuh yang seimbang. dari kepala menuju leher hanya memiliki sedikit sekali perbedaan, lalu menuju ke pangkal ekor baru terlihat perbedaan yang cukup jauh.

- Agresif ketika melihat cupang lain.

- Siripnya mengembang dengan penuh.

- Ring mulut tampak monyong dan tebal bila dilihat dari atas.

- Pelvic fins atau bisa disebut dasi harus sama panjang/pendek.
Pelvic fins yang sama panjang akan membuat petarung dapat melancarkan pukulannya dengan telak dan akurat. begitupun sama bagusnya ketika sedang menghindari serangan musuh.

- Mulut harus rapat
Lalu ring bibir harus rapat dan tidak terbuka. Hal ini sangat penting karena Ring bibir merupakan satu-satunya alat cupang untuk menyerang lawannya. Bila ring bibir terbuka dan tidak rapat maka dipastikan akan mengalami kesulitan ketika beradu mulut dan dipastikan kekalahan menunggu didepan mata.

No comments:

Post a Comment